Cara Input Laporan BOS Online yang Benar

Melalui artikel ini saya akan mencoba berbagi pengalaman sebagai operator sekolah di salah satu sekolah negeri dan swasta tentang cara melaporkan penggunaan BOS (realisasi BOS) yang benar pada laman bos.kemdikbud.go.id. Sebelumnya mohon maaf apabila artikel ini dirasa telat sampaikan karena seperti yang kita tahu di bahwa batas akhir pelaporan termasuk pre cut off BOS itu sampai dengan tanggal 20 Januari 2020.

Namun saya yakin masih banyak sekolah yang masih belum melaporkan laporan penggunaan dana BOS tahun 2019 karena beberapa faktor yang yang menjadi penyebabnya dan salah satunya yaitu bingung dalam melaporkan realisasi per triwulan. Misalnya saya ambil contoh karena keterlambatan pencairan dana BOS yang mana harusnya pembelanjaan dilakukan pada triwulan satu tetapi pada pelaksanaannya ada di triwulan 2. Jika seperti itu maka sebetulnya caranya sangatlah mudah yaitu kembali lagi ke Pagu anggaran (RKAS BOS).

Jika sebelumnya anda sudah membuat RKAS BOS pastinya di sana sudah terdapat rincian anggaran per triwulan dengan prosentasi 20 40 20, betul tidak? Jika ada rincian tersebut pastinya sangatlah mudah untuk memilah – milahnya, mana kegiatan real yang dilakukan pada triwulan 1 dan mana kegiatan yang dilaksanakan pada triwulan 2 dan seterusnya. Saya harap anda mengerti apa yang saya bicarakan ini.

Sebelum anda melaporkan laporan penggunaan BOS, pastikan yang anda inputkan adalah laporan BOS yang murni. Yang dimaksud dengan BOS Murni yaitu dana BOS yang diterima di tahun 2019 aja, artinya silpa BOS tahun sebelumnya itu tidak boleh di inputkan di BOS online.

Jadi, kesimpulannya apabila anda ingin melaporkan realisasi BOS tahun 2019, maka yang harus anda inputkan di bos.kemdibud.go.id adalah dan BOS yang diterima di tahun anggaran 2019 saja. Ingat ya, sisa BOS tahun sebelumnya tidak perlu diinputkan.

Kurang lebih seperti itu yang dapat saya terangkan, semoga mudah untuk dicerna. Apabila ada pertanyaan, silahkan tuliskan kesulitan atau kerguan anda pada kolom komentar dibawah.

Catatan : Jangan terlalu sering merubah laporan BOS online yang telah diinput jika tidak ingin laporan anda bermasalah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Latest news

Pengguna tidak Aktif, Padahal Kepala Sekolah?

Assalamu alaikum Wr Wb, sampurasun. Pada kesempatan kali ini saya mencoba untuk berbagi informasi mengenai permasalahan dapodik...

Review Desain Logo Keren dan Murah

Sedang mencari jasa desin logo untuk keperluan blog, brand, logo perusahaan, makanan, cafe, catering dan lain -...

Juknis BOS 2020 SD/SMP/SMA/SMK

Akhirnya Juknis BOS yang anda ditunggu - tunggu terbit juga. Juknis tersebut bisa anda dapatkan dengan mudah...

Update Jadwal SKD CPNS 2019-2020 Kabupaten Bekasi

Fix, terhitung tanggal 26 Januari 2020 Pemerintah Kabupaten Bekasi telah  resmi mengumkan jadwal pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar...
- Advertisement -

Cara Menghapus Sitemap Error di Google Search Console

Berawal dari kesalahan penulisan Sitemap alias peta situs pada google search console yang mana menyebabkan statusnya menjadi...

Ungkapan Hati Tenaga Honor Jika Dihapus Oleh Pemerintah

Status pegawai honor di lingkungan pemerintah saat ini memang tidak memiliki kejelasan yang pasti, terlebih adanya rencana...

Must read

Pengguna tidak Aktif, Padahal Kepala Sekolah?

Assalamu alaikum Wr Wb, sampurasun. Pada kesempatan...

Review Desain Logo Keren dan Murah

Sedang mencari jasa desin logo untuk keperluan...

You might also likeRELATED
Recommended to you