Cara Mengecek Sinkron PMP Terkirim atau Belum

Sampai saat artikel ini diterbitkan, saya ingin berbagi informasi kepada anda tentang bagaimana cara mengetahui apakah hasil entri PMP kita sudah terbaca atau belum pada progres data PMP karena pada kenyataannya masih ditemui beberapa sekolah yang masih belum terdata pada progres tersebut. Oleh karena anda itu harus paham mengenai seluk beluk tentang aplikasi PMP yang sekarang berganti menjadi EDS Dikdasmen.

Seperti yang kita ketahui bahwa aplikasi PMP memiliki banyak masalah yang menyebabkan keterlambatan pengiriman data seperti aplikasi tidak bisa sinkron, isian tiap responden tidak mencapai 100 persen, aplikasi tiba – tiba blank dan masih banyak lagi permasalahan yang sering dialami oleh operator sekolah (termasuk saya). Untuk menghindari permasalahan tersebut, anda sebagai operator sekolah mau tidak mau harus mencari solusinya sendiri seperti membaca petunjuk instalasi dan tata cara sinkronisasi atau rutib bertanya di group – grup facebook maupun whatsapp.

Oke, kurang lebih seperti itu unek – unek yang dapat saya sampaikan. Kembali ke topik utama yakni cara mengetahui hasil sinkronisasi PMP sudah terbaca atau belum di progres data. Mungkin sebagian dari anda masih belum tahu dan oleh sebab itu saya mencoba untuk berbagi berbagi informasi kepada anda.

Langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu dengan mengunjungi web http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id/. Setelah halaman tersebut terbuka, langkah berikutnya adalah :

  1. klik tepat pada bagian progres data, maka anda akan diarahkan halaman progres pengiriman;
  2. Cari wilayah lokasi anda, sebagai contoh Prov. Jawa Barat dan double klik tepat pada nama wilayah tersebut;
  3. Lanjutkan dengan memilih nama Kabupaten, nama Kecamatan dan terakhir nama sekolah anda dengan cara double klik tepat pada nama – nama tersebut;
  4. Cek nama sekolah anda apakah status kirim sudah ada keterangan “terkirim” atau masih kosong. Apabila keterangannya masih kosong, lakukan sinkronisasi aplikasi PMP anda secara rutin/berkala.

Nah kurang lebih seperti itu langkah – langkah yang dapat anda ikuti untuk sampai kepada menu progres data sekedar untuk mengetahui status sinkronisasi sudah terkirim dengan benar atau belum.

Pastikan anda sudah selesai mengitung rekap nilai rapor dan isian tersebut sudah diverval oleh pengawas binaan anda serta jangan lupa juga untuk segera membuat pakta integritas kepala sekolah sebagai tanda bahwa sekolah anda telah selesai mengerjakan rapor mutu tahun 2019.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Latest news

Dapodik, Aktivasi Dulu Supaya Fitur Akses Tukar Pengguna Dapat Berfungsi

Jika anda opertor sekolah, apakah anda tahu fungsi fitur "tukar akses pengguna" yang ada didalam menu pengaturan...

Sebanyak 12.942 Sekolah Belum Sinkron Dapodik Per 31 Maret 2020

Dalam rangka akan dilakukannya maintenance server sebagai persiapan pengembangan Aplikasi Dapodik versi baru serta adanya perombakan pada...

Kekurangan Aplikasi RKAS BOS Setelah Update Versi 2.0.1 dan 2.0.2

Diawal April ini ternyata aplikasi RKAS versi 2.00 sudah naik ke versi 2.0.1 dan versi 2.0.2. sudahkah...

Setting Multi User di Aplikasi ARKAS BOS 2020

Cara menggunakan 1 laptop untuk beberapa sekolah di aplikasi RKAS BOS 2020. Jadi, trik yang akan saya...

2 Cara Melihat Riwayat Update Windows 10

Tujuan artikel ini dibuat supaya anda dapat mengetahui update mana saja yang sudah terinstal di komputer/laptop, apakah...

Kode Dial Paket Internet Murah Telkomsel Mulai 2 Ribu Rupiah

Sesuai dengan judul diatas, kali ini saya mencoba untuk menginformasikan tentang kuota data internet yang paling murah...

Must read

You might also likeRELATED
Recommended to you