Cara Reset Windows 10 Kembali Kepengaturan Awal

Pada kesempatan kali ini saya mencoba untuk memberikan panduan tentang cara me-reset laptop winsows 10 versi 32 bit atau versi 64 bit supaya kembali ke pengaturan awal lagi. Dari pada pusing dan panik mengenai wabah corona yang saat ini sedang ramai diberitakan, alangkah baiknya tetap tenang, jangan panik dan hindari dulu pergi ketempat – tempat ramai untuk sementara waktu jika memang tidak penting.

Kembali ke tema utama, alasan utama saya membuat artikel ini bertujuan sebagai edukasi supaya ketika anda mengalami situasi yang tiba – tiba laptop mendadak error setelah melakukan update driver, maka anda sudah mampu menanganinya tanpa harus mengeluarkan uang untuk pergi ke jasa service.

Trik yang saya bagikan ini tidak akan menghilangkan file – file penting anda baik itu foto, video, maupun dokumen yang tersimpan pada penyimpanan Local Disk D dan seterusnya (kecuali pada local disk C). Pastikan anda memindahkan file penting anda sebelum mencoba trik reset jika sebelumnya anda simpan pada Local Disk C karena akan terhapus. Untuk langkah – langkah meresetnya, mari simak seperti pada berikut ini :

  1. Petama masuk ke menu START atau dengan menekan tombol Windows + Q seperti pada gambar diatas, kemudian tuliskan kata kunci dengan nama Reset;
  2. Arahkan kursor anda tepat pada Reset this PC lalu klik pada area tersebut supaya muncul jendela pengaturan;
  3. Pilih Get Started pada area Reset this PC
  4. Jika muncul opsi Keep my file dan Remove everything silahkan anda pilih pada “Remove everything”;
  5. Pilih Only the drive where Windows is installed dan pada kolom dibawahnya biarkan saja tetap pada All Drive;
  6. Pilih lagi pada bagian Remove file and clean the drive dan akhiri dengan menekan tombol Reset.

Ikuti langkah – langkah diatas dengan teliti pada bagian yang saya bold. Proses reset tersebut memerlukan waktu yang cukup lama sekitar 1 jam lebih, jika prosesnya selesai maka laptop akan melakukan rertart.

Catatan : Proses reset windows pada artikel yang saya tulis ini akan menghapus semua aplikasi yang pernah anda instal sedangkan untuk data tetap aman selama tidak disimpan pada Local Disk C. Pastikan anda memahaminya dengan baik.

Setelah laptop hidup kembali, jangan kaget apabila masuk ke menu windowsnya lama karena proses pengaturannya membutuhkan waktu sekitar 1 jam lagi untuk mencapai angka mulai dari 0 persen sampai ke 100 persen. Pastikan daya tahan baterai laptop anda cukup atau bisa juga hubungkan adapter laptop ke colok listrik untuk menghindari kekurangan daya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Latest news

Sebanyak 12.942 Sekolah Belum Sinkron Dapodik Per 31 Maret 2020

Dalam rangka akan dilakukannya maintenance server sebagai persiapan pengembangan Aplikasi Dapodik versi baru serta adanya perombakan pada...

Kekurangan Aplikasi RKAS BOS Setelah Update Versi 2.0.1

Diawal April ini ternyata aplikasi RKAS versi 2.00 sudah naik ke versi 2.0.1, sudahkah sahabat Ops melakukan...

Setting Multi User di Aplikasi ARKAS BOS 2020

Cara menggunakan 1 laptop untuk beberapa sekolah di aplikasi RKAS BOS 2020. Jadi, trik yang akan saya...

2 Cara Melihat Riwayat Update Windows 10

Tujuan artikel ini dibuat supaya anda dapat mengetahui update mana saja yang sudah terinstal di komputer/laptop, apakah...

Kode Dial Paket Internet Murah Telkomsel Mulai 2 Ribu Rupiah

Sesuai dengan judul diatas, kali ini saya mencoba untuk menginformasikan tentang kuota data internet yang paling murah...

Sukses Pembelajaran Jarak Jauh dengan Metode 5M

Berikut metode pembelajaran jarak jauh bagi guru dan siswa dengan menggunakan metode 5M, sekolah lawan corona yang...

Must read

Sebanyak 12.942 Sekolah Belum Sinkron Dapodik Per 31 Maret 2020

Dalam rangka akan dilakukannya maintenance server sebagai...

You might also likeRELATED
Recommended to you