Dapodik Versi Baru Segera Dirilis Juni 2020

Pada awal Juni mendatang, aplikasi dapodik akan mendapatkan versi baru mengingat karena adanya perubahan organisasi dan tata kerja pada Kemendikbud yang mana Direktorat Pendidikan PAUD bergabung kedalam unit utama Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah sehingga berubah menjadi Direktorat Jenderal Pendidikan anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah. Maka Aplikasi Dapodik yang dikelola oleh Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah harus melakukan perubahan dan penyesuaian aplikasi sehingga dapat digunakan untuk pengumpulan data pada satuan pendidikan PAUD, SD, SMP, SMA, SMK dan SLB.

Atas adanya perubahan organisasi dan tata kerja ini sehingga akan diadakannya Pemeliharaan atau maintenance server sebagai persiapan pengembangan Aplikasi Dapodik versi baru dan pembaruan Manajemen Dapodik. Aplikasi dapodik terbaru ini akan dirilis pada awal bulan Juni 2020 mendatang.

Mengingat akan dilakukannya pemeliharaan sistem pada server dapodik, maka batas sinkronisasi dapodik hanya dapat dilakukan paling akhir sampai dengan tanggal 10 Mei 2020. Oleh sebab itu, bagi sekolah yang belum melakukan sinkronisasi sebaiknya disegerakan untuk melakukan sinkron data.

Berikut ini merupakan beberapa hal yang harus diperhatikan oleh Sekolah sebelum melakukan sinkronisasi diantaranya yaitu :

  1. Sekolah melakukan percepatan pengisian dan pengiriman Dapodik periode pendataan semester 2 tahun ajaran 2019/2020
  2. Sekolah menjamin kelengkapan, kebenaran dan kemutakhiran data yang dikirimkan melalui Aplikasi Dapodik.
  3. Memeriksa dampak data yang telah diisikan pada aplikasi Dapodik di sejumlah sistem transaksional Kementerian, diantaranya: infogtk (aneka tunjangan guru), data kerusakan prasarana (DAK Fisik), dan sebagainya.
  4. Sekolah melakukan pengiriman dan perbaikan data sebelum batas waktu terakhir sinkronisasi (Minggu, 10 Mei 2020 pukul 23.59 WIB).
  5. Dinas Pendidikan dan LPMP sesuai dengan kewenangannya melaksanakan percepatan progres pengiriman dapodik serta melakukan pengawasan kualitas data sesuai amanat Surat Edaran Nomor 2242/C/TI/2020 tentang Pemutakhiran Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah Semester II Tahun Ajaran 2019/2020.

Informasi diatas bersumber dari portal resmi Dapodikdasmen yang terbit pada tanggal 19 Maret 2020 denga judul “Sinkronisasi Dapodik Akan Ditutup Tanggal 10 Mei 2020“.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Latest news

Dapodik, Aktivasi Dulu Supaya Fitur Akses Tukar Pengguna Dapat Berfungsi

Jika anda opertor sekolah, apakah anda tahu fungsi fitur "tukar akses pengguna" yang ada didalam menu pengaturan...

Sebanyak 12.942 Sekolah Belum Sinkron Dapodik Per 31 Maret 2020

Dalam rangka akan dilakukannya maintenance server sebagai persiapan pengembangan Aplikasi Dapodik versi baru serta adanya perombakan pada...

Kekurangan Aplikasi RKAS BOS Setelah Update Versi 2.0.1 dan 2.0.2

Diawal April ini ternyata aplikasi RKAS versi 2.00 sudah naik ke versi 2.0.1 dan versi 2.0.2. sudahkah...

Setting Multi User di Aplikasi ARKAS BOS 2020

Cara menggunakan 1 laptop untuk beberapa sekolah di aplikasi RKAS BOS 2020. Jadi, trik yang akan saya...

2 Cara Melihat Riwayat Update Windows 10

Tujuan artikel ini dibuat supaya anda dapat mengetahui update mana saja yang sudah terinstal di komputer/laptop, apakah...

Kode Dial Paket Internet Murah Telkomsel Mulai 2 Ribu Rupiah

Sesuai dengan judul diatas, kali ini saya mencoba untuk menginformasikan tentang kuota data internet yang paling murah...

Must read

You might also likeRELATED
Recommended to you