Lapor SPT Online untuk Gaji Dibawah 60 Juta

Sudahkah anda lapor SPT online wajib pajak orang pribadi? Jika belum, kini saatnya untuk laporan ya, mengingat sebentar lagi akan jatuh tempo. Saya yakin pastinya anda tidak mau kena denda kan?

Setiap setahun sekali bagi wajib pajak yang sudah memiliki NPWP wajib untuk melaporkan SPT berupa total pendapatan kotor dan pajak yang harus dibayarkan baik itu yang berstatus sebagai karyawan/pegawai, pemilik bisnis maupun pekerja harian lepas/pekerja bebas.

Jika anda sering lapor SPT tahunan pastinya sudah tahu kalau batas pelaporan SPT biasanya sampai dengan akhir maret. Namun karena adanya sesuatu hal terkait dengan munculnya wabah pandemi coronavirus (covid-19) yang menyebabkan pelayanan pajak terganggu, maka batas akhir pelaporan SPT tahunan diundur sampai dengan tanggal 30 April 2020.

Dikutip dari portal resmi pajak.go.id, ada 3 (tiga) macam formulir yang biasa digunakan untuk menyapaikan laporan SPT tahunan diantaranya yaitu 1770 S, 1770 SS, dan 1770. Pada kesempatan kali ini saya mencoba untuk berbagi ilmu mengenai cara lapor SPT untuk wajib pajak yang memiliki pendapatan dibawah 60 juta dan tidak memiliki pendapatan lain kecuali bunga bank dalam satu tahun yaitu dengan menggunakan formulir 1770 SS.

Login DJP Online

Ada 2 (dua) cara dalam melaporkan SPT tahunan yaitu bisa dengan datang langsung ke kantor pelayanan pajak atau melaluui online via komputer/laptop, tablet maupun smartphone. Untuk cara lapor SPT secara online, kurang lebih langkah – langkah seperti pada berikut ini :

Buka portal resmi DJP Online, kemudian Login dengan memasukan nomor NPWP dan passwordnya beserta masukan juga kode catpcha pada masing – masing kolom yang tersedia.

DJP Online
Halaman utama link DJP Online

Setelah anda berhasil login, selanjutnya anda akan diarahkan kehalaman utama layanan Direktorat Jenderal Pajak. Dibagian ini silahkan anda pilih pada menu Lapor, kemudian pilih E-filing.

Efiling pajak
Efiling pajak

Setelah anda memilih efiling tersebut, lanjutkan kembali dengan memilih menu Buat SPT. Pada bagian ini akan ada beberapa pertanyaan terkait dengan status anda. Silahkan anda isi dengan data yang sebenar – benarnya.

Formulir SPT
Contoh Formulir SPT untuk gaji dibawah 60 juta

Jika seluruh pertanyaan tersebut sudah anda isikan semua, maka akan muncul tombol SPT 1770 SS, silahkan anda tekan tombol tersebut dan segera akan diarahkan pada bagian Data Formulir. Pada tahap ini, silahkan anda pilih tahun pajak beserta status SPT, dalam hal ini silahkan anda pilih pada bagian Normal, kecuali anda pernah lapor SPT sebelumnya dan akan melakukan pembetulan, maka pilihannya adalah pembetulan ke-1 atau ke-2. Jika semuanya sudah terisi, silahkan anda tekan tombol Selanjutnya untuk ketahap terakhir.

Pada tahap ini yang merupakan tahap akhir dengan urutan dibagian A yaitu:

Pajak penghasilan
  1. point pertama, isi dengan jumlah penghasilan kotor (bruto) anda dalam satu tahun dan/atau 12 bulan;
  2. point kedua, isi dengan jumlah pengurangan (biaya jabatan, iuran pensiun, atau iuran JHT/ THT);
  3. poin ketiga, pilih status PTKP anda apakah status anda sudah kawin/tidak kawin, kawin belum punya anak atau kawin sudah punya anak 1 atau 2 atau lebih dari 3 supaya sistem dapat mendeteksi biaya pajak anda;
  4. point keenam, isi jumlah PPh yang telah dipotong oleh perusahaan. Jika tidak ada potongan secara otomatis akan tertera angka nol;

Setelah semua urutan diatas terisi, maka anda akan mengentahui status SPT anda apakah nihil, kurang bayar atau lebih bayar. Jika SPT anda nilih, langsung saja klik tombol Berikutnya agar diarahkan ke bagian B.

PPh final

Pada bagian B ini, isi penghasilan final atau penghasilan yang tidak kena pajak. Jika tidak anda, lanjut klik tombol Berikutnya yaitu ke bagian C.

Daftar harta dan kewajiban

Dibagian C ini, isi besaran jumlah harta kekayaan anda termasukan kewajiban hutang – hutang anda. Lanjut kebagian D yang berupa pertanyaan, beri tanda centang bila anda setuju dan yakin jika semua data yang diinput telah sesuai dan klik tombol selanjutnya untuk meminta kode verifikasi yang nantinya akan terkirim kealamat email anda.

Buka email anda untuk melihat kode verifikasi yang dikirim tadi, kemudian ambil kode tersebut dan masukan kekolom verifikasi. Akhiri semuanya dengan menekan tombol Kirim SPT. Jika sudah terkirim itu artinya anda telah berhasil melaporkan SPT tahun ini secara online disertai dengan adanya bukti penerimaan elektronik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Latest news

Dapodik, Aktivasi Dulu Supaya Fitur Akses Tukar Pengguna Dapat Berfungsi

Jika anda opertor sekolah, apakah anda tahu fungsi fitur "tukar akses pengguna" yang ada didalam menu pengaturan...

Sebanyak 12.942 Sekolah Belum Sinkron Dapodik Per 31 Maret 2020

Dalam rangka akan dilakukannya maintenance server sebagai persiapan pengembangan Aplikasi Dapodik versi baru serta adanya perombakan pada...

Kekurangan Aplikasi RKAS BOS Setelah Update Versi 2.0.1 dan 2.0.2

Diawal April ini ternyata aplikasi RKAS versi 2.00 sudah naik ke versi 2.0.1 dan versi 2.0.2. sudahkah...

Setting Multi User di Aplikasi ARKAS BOS 2020

Cara menggunakan 1 laptop untuk beberapa sekolah di aplikasi RKAS BOS 2020. Jadi, trik yang akan saya...

2 Cara Melihat Riwayat Update Windows 10

Tujuan artikel ini dibuat supaya anda dapat mengetahui update mana saja yang sudah terinstal di komputer/laptop, apakah...

Kode Dial Paket Internet Murah Telkomsel Mulai 2 Ribu Rupiah

Sesuai dengan judul diatas, kali ini saya mencoba untuk menginformasikan tentang kuota data internet yang paling murah...

Must read

You might also likeRELATED
Recommended to you