Macam – Macam Zakat yang Perlu Diketahui Sebagai Umat Muslim

Sudahkah anda menunaikan zakat? Bagi umat muslim, zakat adalah wajib bagi yang mampu. Selain itu, zakat juga masuk dalam salah satu rukun islam. Ada yang tahu zakat itu masuk dalam rukun islam yang keberapa?

Untuk mengingatkan kembali bahwa rukun islam itu ada 5 (lima), yang pertama adalah mengucapkan dua kalimat syahadat, kedua mendirikan sholat, ketiga mengerjakan puasa dibulan ramadhan, ke-empat mengeluarkan zakat bagi yang mampu, dan yang ke-lima adalah naik haji. Nah, dari urutan tersebut jadi tahu dong kalau zakat ini merupakan rukun islam yang ke-4.

Ingat ya, membayar zakat itu adalah suatu kewajiban, jangan diartikan sebagai sunah, itu jelas sangat berbeda. Membayar zakat juga bisa dilakukan kapan pun dan bukan hanya dilaukan pada waktu menjelang hari raya idul fitri saja. Hayoo, siapa yang berzakat hanya diwaktu – waktu tertentu saja?

Macam – Macam Zakat dalam Islam

Meskipun sudah banyak yang tahu kalau zakat itu diberikan kepada orang – orang yang berhak menerimanya seperti fakir dan miskin, riqab, gharim atau gharimin, mualaf, fisabilillah, ibu sabil, dan amin. Lebih rinci tentang golongan penerima zakat ini anda dapat membacanya melalui link https://zakat.or.id/inilah-8-golongan-orang-yang-berhak-menerima-zakat/

Golongan penerima zakat

Zakat terbagi dalam 2 (dua) macam, yang pertama adalah zakat firtah dan yang kedua adalah zakat maal. Zakat fitrah adalah zakat wajib yang dikeluarkan oleh umat muslim menjelang hari raya idul fitri yang besaran dibayar setara dengan 3,5 liter beras (2,5 kg).

Sedangkan zakat maal adalah zakat penghasilan harus ditunaikan ketika sudah mencapai batas minimum (nishab) serta terbebas dari hutang dan kepemilikannya pun sudah mencapai 1 tahun. Besar yang harus dikeluarkan dalam zakat mal ini sebesar 2,5% x jumlah harta yang sudah tersimpan dalam 1 tahun.

Dari uraian diatas sudah cukup jelas kan kalau zakat itu ada 2 macam yakni zakat fitrah dan zakat maal. Jadi kesimpulannya jangan berfokus pada zakat firtah saja, akan tetapi zakat maal pun perlu anda keluarkan mengingat waktu dikeluarkannya pun didalukan kapan saja. Berbeda dengan zakat fitrah yang hanya dapat dikeluarkan menjelang hari raya idul fitri saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Latest news

Sebanyak 12.942 Sekolah Belum Sinkron Dapodik Per 31 Maret 2020

Dalam rangka akan dilakukannya maintenance server sebagai persiapan pengembangan Aplikasi Dapodik versi baru serta adanya perombakan pada...

Kekurangan Aplikasi RKAS BOS Setelah Update Versi 2.0.1

Diawal April ini ternyata aplikasi RKAS versi 2.00 sudah naik ke versi 2.0.1, sudahkah sahabat Ops melakukan...

Setting Multi User di Aplikasi ARKAS BOS 2020

Cara menggunakan 1 laptop untuk beberapa sekolah di aplikasi RKAS BOS 2020. Jadi, trik yang akan saya...

2 Cara Melihat Riwayat Update Windows 10

Tujuan artikel ini dibuat supaya anda dapat mengetahui update mana saja yang sudah terinstal di komputer/laptop, apakah...

Kode Dial Paket Internet Murah Telkomsel Mulai 2 Ribu Rupiah

Sesuai dengan judul diatas, kali ini saya mencoba untuk menginformasikan tentang kuota data internet yang paling murah...

Sukses Pembelajaran Jarak Jauh dengan Metode 5M

Berikut metode pembelajaran jarak jauh bagi guru dan siswa dengan menggunakan metode 5M, sekolah lawan corona yang...

Must read

Sebanyak 12.942 Sekolah Belum Sinkron Dapodik Per 31 Maret 2020

Dalam rangka akan dilakukannya maintenance server sebagai...

You might also likeRELATED
Recommended to you