Memperbaiki Kesalahan Saat Registrasi ARKAS BOS V.2.0

Artikel ini dibuat sebagai media historis admin dan untuk menginformasikan kepada tentang cara memperbaiki kesalahan pada saat registrasi awal (aktivasi) Apikasi RKAS BOS V.2.0. Seperti yang diketahui ketika kita telah selesai melakukan registrasi dengan memasukan kode aktivasi, NPSN sekolah, Nama Bendahara, Email Dapodik, No HP dan password aplikasi, maka menu registrasi tersebut tidak bisa dibuka kembali.

Oleh karena itu, setelah anda berhasil melakukan registrasi pada ARKAS BOS namun ternyata data yang dimasukan masih salah, maka trik yang paling mudah yaitu dengan mengganti database yang berada pada folder aplikasi RKAS (localdisk C).

Sebagai contoh, misalnya ada salah menuliskan kolom nama yang seharusnya nama bendahara sekolah, tapi yang ditulis pada kolom tersebut ternyata nama operator sekolah. Jika sudah demikian, untuk menampilkan halam resgitrasi ARKAS harus menghapus file database yang bernama RKASClient2020. Sehubungan karena lokasi file tersebut cukup sulit untuk ditemukan, maka cara yang paling mudah dengan menggunakan kata kunci “%appdata%” (tanpa tanda kutip) di penyimpanan local disk C.

Cara Menampilkan Menu Registrasi ARKAS BOS V.2.0

Bagi anda yang ingin menampilkan kembali menu registrasi pada aplikasi RKAS karena beberapa faktor seperti yang sudah saya jelaskan diatas, maka langkah – langkah yang dapat anda ikuti kurang lebih seperti berikut ini:

  1. Buka File Explorer, kemudian arahkan kursor mouse laptop anda tepat pada Local Disk C, kemudian tuliskan kata kunci appdata (perhatikan gambar diatas);
  2. Setelah anda menuliskan kata kunci tersebut jangan lupa tekan tombol Enter. Jika langkah – langkahnya sudah benar, maka akan muncul folder yang bernama ArtTech;
  3. Buka folder ArtTech, kemudian buka kembali folder RKAS dan terakhir hapus database RKASClient2020 atau bisa juga direname, misalnya menjadi RKASClient2020_test.

Setelah anda berhasil menghapus database RKASClient2020 atau mengganti namanya menjadi RKASClient2020 _test, silahkan buka kembali aplikasi ARKS BOS anda dan tidak lama kemudian menu registrasi aplikasi akan muncul. Jika sudah demikian, silahkan anda lakukan registrasi aplikasi dengan teliti.

CATATAN : Kode aktivasi ARKAS bisa anda minta ke admin dinas Kabupaten/kota atau perwakilan gugus masing – masing. Apabila langkah – langkah diatas cukup membingungkan, segera akan saya buatkan tutorial videonya supaya lebih mudah lagi.

Bagi yang bingung terkait langkah – langkah diatas, silahkan lihat video tutorial berikut ini :

Pastikan juga pada saat melakukan registrasi atau aktivasi kode ARKAS, komputer/laptop anda harus dalam keadaan terhubung dengan internet yang stabil supaya prosesnya menjadi lebih cepat. Terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Latest news

Sebanyak 12.942 Sekolah Belum Sinkron Dapodik Per 31 Maret 2020

Dalam rangka akan dilakukannya maintenance server sebagai persiapan pengembangan Aplikasi Dapodik versi baru serta adanya perombakan pada...

Kekurangan Aplikasi RKAS BOS Setelah Update Versi 2.0.1 dan 2.0.2

Diawal April ini ternyata aplikasi RKAS versi 2.00 sudah naik ke versi 2.0.1 dan versi 2.0.2. sudahkah...

Setting Multi User di Aplikasi ARKAS BOS 2020

Cara menggunakan 1 laptop untuk beberapa sekolah di aplikasi RKAS BOS 2020. Jadi, trik yang akan saya...

2 Cara Melihat Riwayat Update Windows 10

Tujuan artikel ini dibuat supaya anda dapat mengetahui update mana saja yang sudah terinstal di komputer/laptop, apakah...

Kode Dial Paket Internet Murah Telkomsel Mulai 2 Ribu Rupiah

Sesuai dengan judul diatas, kali ini saya mencoba untuk menginformasikan tentang kuota data internet yang paling murah...

Sukses Pembelajaran Jarak Jauh dengan Metode 5M

Berikut metode pembelajaran jarak jauh bagi guru dan siswa dengan menggunakan metode 5M, sekolah lawan corona yang...

Must read

You might also likeRELATED
Recommended to you