Tahap Pengisian ARKAS BOS 2020 yang Baik dan Benar

Pada artikel sebelumnya saya sudah membuatkan artikel khusus tentang cara registrasi aplikasi ARKAS BOS 2020, yang mana untuk dapat menggunakan aplikasi tersebut harus memiliki kode aktivasi ARKAS, NPSN Sekolah, Nama Benahara, Nomor HP, dan Email serta password dapodik (usahakan pakai email sebagai operator sekolah saja supaya tidak bingung).

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman saya tentang cara mengisi aplikasi RKAS 2020 sesuai dengan hasil Bimtek Takola BOS tahun anggaran 2020. Semoga anda yang tidak sempat ikut dalam kegiatan Bimtek tersebut dapat mencari referensinya melalui internet khususnya pada blog Pustaka Edu.

Setelah anda berhasil melakukan registrasi beserta tetek bengeknya, maka langkah selanjutnya yang perlu anda isi sebelum membuat kertas kerja melengkali isian data yang ada pada menu “Penganggaran”, kemudian pilih pada opsi “Penanggung Jawab”. Pada menu tersebut, silahkan anda lengkapi terlebih dahulu isian pada kolom kepala sekolah, bendahara sekolah, dan isian komite sekolah (akhiri dengan menekan tombol SIMPAN).

Aplikasi RKAS BOS 2020
Kolom penanggung jawab anggaran BOS tahun 2020

Perhatikan gambar diatas, perhatikan yang didalam kotak warna merah ya. Jadi untuk membuat RKAS tahun anggaran 2020, anda hanya fokus kepada menu penanggung jawab, menu aktivasi kertas kerja, dan menu kertas kerja.

Setelah kolom penanggung jawab sudah anda isi dengan lengkap, jangan lupa tekan tombol “Simpan Data” dan langkah selanjutnya silahkan arahkan kursor anda tepat pada menu “Aktivasi Kertas Kerja” untuk kemudian terlebih dahulu menekan tombol “Sinkron Jumlah Data” dan lanjutkan lagi menekan tombol “Update Anggaran” setelah proses sinkron data selesai. Perhatikan gambar berikut:

Cara membuat lembar kerja pada aplikasi ARKAS BOS 2020

Setelah proses sinkron jumlah siswa dan update anggaran selesai anda lakukan (proses sinkron memakan waktu cukup lama), lanjutkan untuk memilih “Buat Kertas Kerja” pada BOS reguler. Jika sekolah anda masih ada silpa BOS reguler, buat juga kertas kerja SiLPA begitu pun dengan BOSDA (BOS Kabupaten) jika memang sekolah anda mendapatkan dana BOSDA.

Sebelum membuka aplikasi RKAS BOS, pastikan komputer/laptop anda sudah terhubung dengan internet.

Setelah semua langkah – langkah diatas sudah anda ikuti, langkah selanjutnya yaitu masuk ke-menu “Kertas Kerja”. Pada bagian kertas kerja ini, perhatikan pada kolom “Sumber Dana”. Silahkan anda tentukan sumber dananya terlebih dahulu, apakah BOS Reguler, SiLPA BOS atau BOSDA untuk memulai membuat RKAS tahun 2020.

Apabila kolom sumber dana sudah anda tentukan, tugas selanjutnya silahkan anda tekan pada bagian “Tambah Baru”.

Contoh tambah kegiatan di aplikasi RKAS 2020 kemdikbud

Setelah tombol “tambah baru” anda tekan, maka akan muncul jendela input kegiatan. Untuk melakukan pencarian yang cepat, silahkan anda tentukan kata kuncinya, misalnya “honor” maka akan tampil bebera item yang berkaitan langsung dengan kata kunci “honor”. Begitu pun pada kolom Uraian, silahkan anda masukan kata kuncinya seperti “Jasa tenaga”, maka akan kembali muncul pitem yang berhubungan dengan belanja jasa. lakukan langkah seperti itu pada kolom “Uraian kegiatan”.

Lakukan input data sampai dengan selesai sesuai dengan RKAS manual yang telah anda susun sebelumnya. Jangan pernah sekali – kali menekan tombol “pengesahan” sebelum RKAS anda betul – betul sudah disetujui dan dicetak serta ditanda tangani oleh kepala sekolah.

Apabila uraian diatas masih sulit untuk dipahami, secepatnya akan saya buatkan video tutorialnya supaya lebih mudah lagi meskipun konsekuensinya anda harus memiliki quota internet yang cukup.

Kurang lebih seperti itu tahapan dalam mengisi kegiatan pada aplikasi RKAS BOS 2020 yang dapat saya bagikan. Apabila ada pertanya, silahkan tuliskan pada kolom komentar dibawah sesuai dengan tema artikel ini. Terima kasih.

11 COMMENTS

  1. mengapa stelah masuk data sbg tenaga admin di dapodik ttp tdk bsa trbca pdhal sdh lakukan sinkron di dapodik dan sdh lakukan sinkron di ARKAS online.mhon solusinya

    • Pertanggal berapa pak masuk dapodiknya? kalau tidak salah berdasar hasil rapat kemarin sebelum 31 Desember 2019 atau sebelum 31 Januari 2020 sudah masuk dapodik, seharusnya bisa. Coba dirutinkan sinkronisasinya pak, biasanya butuh waktu.

  2. apakah tampilannya tetap tertulis Triwulan atau Tahap di laptopnya gan?
    saya bingung karena tampilan Kertas kerja tetap triwulan sementara pagu sdah seharusnya.
    mohon penjelasannya gan…..

  3. Mau nanya Pak, ketika klik “pengesahan” ternyat ga mau cz data komite blm diisi, tapi ketika mau diisi ga bisa Pak. itu gimana solusinya Pak?

    • Untuk kasus yang bapak alami, saya sendiri belum sampai ke tahap pengesahan pak, karena RKAS-nya belum selesai. Waktu takola kemarin jika menemui kendala, sebaiknya langsung ke dinas bagian tim bos kabupaten/kota supaya kunciannya dibuka kembali.

      Mohon maaf belum bisa kasih arahan untuk saat ini.

  4. Pak mau tanya, setelah sinkron jumlah siswa, malah jumlah siswanya berkurang, tidak sesuai dgn yg di dapodik. mohon solusinya pak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Latest news

Sebanyak 12.942 Sekolah Belum Sinkron Dapodik Per 31 Maret 2020

Dalam rangka akan dilakukannya maintenance server sebagai persiapan pengembangan Aplikasi Dapodik versi baru serta adanya perombakan pada...

Kekurangan Aplikasi RKAS BOS Setelah Update Versi 2.0.1

Diawal April ini ternyata aplikasi RKAS versi 2.00 sudah naik ke versi 2.0.1, sudahkah sahabat Ops melakukan...

Setting Multi User di Aplikasi ARKAS BOS 2020

Cara menggunakan 1 laptop untuk beberapa sekolah di aplikasi RKAS BOS 2020. Jadi, trik yang akan saya...

2 Cara Melihat Riwayat Update Windows 10

Tujuan artikel ini dibuat supaya anda dapat mengetahui update mana saja yang sudah terinstal di komputer/laptop, apakah...

Kode Dial Paket Internet Murah Telkomsel Mulai 2 Ribu Rupiah

Sesuai dengan judul diatas, kali ini saya mencoba untuk menginformasikan tentang kuota data internet yang paling murah...

Sukses Pembelajaran Jarak Jauh dengan Metode 5M

Berikut metode pembelajaran jarak jauh bagi guru dan siswa dengan menggunakan metode 5M, sekolah lawan corona yang...

Must read

Sebanyak 12.942 Sekolah Belum Sinkron Dapodik Per 31 Maret 2020

Dalam rangka akan dilakukannya maintenance server sebagai...

You might also likeRELATED
Recommended to you